STANDAR PELAYANAN POLI KESEHATAN GIGI & MULUT
A. PELAYANAN/POLI KESEHATAN GIGI dan MULUT
1.
Komponen standar pelayanan yang terkait dengan
proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No. |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
Tersedianya Rekam
Medis pasien |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pendaftaran
Poli Kesehatan Gigi dan Mulut
Pemeriksaan/ Tindakan
Rujuk Internal/ Rujuk Eksternal Konsultasi (Rumah Sakit) (Poli Umum,
Gizi, Gigi, Labor)
BPJS
Ya Tidak
Apotek Kasir
Pulang
1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian 2. Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam
medis 3. Petugas melakukan anamnesis 4. Petugas melakukan pengukuran vital sign 5. Petugas melakukan pemeriksaan/tindakan sesuai
prosedur 6. Petugas menetukan diagnosis Jika memerlukan konsultasi/pemeriksaan lanjut: |
|
|
a. Rujuk internal: konsultasi antar poli/ruangan (Poli
Umum, Gizi, Anak, Labor) b. Rujuk eksternal: pemeriksaan Lanjutan ke Rumah Sakit. 7. Petugas memberikan terapi/tindak lanjut yang
sesuai |
3. |
Jangka Waktu Pelayanan /Jam Pelayanan |
·
Konsultasi : 5-10 Menit ·
Pencabutan Gigi susu : 7-12 Menit ·
Pencabutan Gigi Tetap ; 15-20 Menit
Senin – kamis : 08.00 – 13.30 WIB Jumat
: 08.00 - 11.00 WIB Sabtu : 08.00 - 12.30 WIB |
4. |
Biaya/Tarif |
1.
Pasien Umum : sesuai
dengan peraturan Bupati
Muaro Jambi No: 4 Tahun
2020 Tentang perubahan Tarif Retribusi Jasa Umum Pada Peraturan Daerah
Kabupaten Muaro Jambi 2.
Pasien JKN sesuai dengan
Permenkes 21 Tahun 2016 tentang
standar tarif JKN |
5. |
Produk Pelayanan |
·
Konsultasi Dokter
gigi, pemeriksaan kesehatan Gigi, Tindakan tambal,
cabut, scalling/pembersihan karang
gigi ·
Surat rujukan |
6. |
Penanganan Aduan,
Saran Masukkan dan Informasi |
1.
Kotak Saran 2. Web SP4N-LAPOR!: www.lapor.go.id / SMS Lapor 1708, Twitter
@Lapor1708 3. Web Puskesmas: https://kemingkingdalam.muarojambikab.go.id/ 4.
Nomor
Handphone/Nama Petugas : 0813-6801-8564/Khoirul Muntiana 5. Email : pkm.kemingkingdalam@gmail.com 6. Alamat: Jl. Raya Kemingking Dalam, 36391 |